4 Cara Mengatur Manajemen Finansial Bisnis Salon dan Spa untuk Pemula

Kecantikan merupakan fitrah alami wanita yang selalu ingin tampil mempesona dan mengesankan di hadapan orang lain. Tentu para wanita tergoda melakukan perawatan yang bisa meningkatkan pesona, merawat kulit hingga meminimalisir risiko penuaan dini pada usia muda. Untuk mendukung tren kecantikan yang terus berubah dari waktu ke waktu, Anda bisa membuka bisnis salon kecantikan dan kesehatan. Pertimbangkan memakai spa biz software yang bisa mendukung manajemen finansial bisnis lebih mudah lewat aplikasi saja.

Kiat Mengatur Perencanaan Keuangan Bisnis Salon dan Spa

Anda yang berencana membuka salon dan day spa di tempat dengan lokasi strategis, maka pertimbangkan perencanaan keuangan yang matang. Selain memiliki lokasi yang baik, terapis yang handal, dan pelayanan perawatan yang menarik, tentu manajemen finansial bisnis sangat penting.

Anda bisa memiliki aplikasi yang bisa mengecek transaksi masuk lebih mudah hingga pengelolaan keuangan bulanan. Sebenarnya, bagaimana cara mengatur keuangan bisnis salon dan spa bagi pemula? Yuk, simak ulasan singkat di bawah ini!

1.     Lakukan riset keuangan dasar

Sebelum membuka salon dan spa, ada baiknya Anda memahami keuangan dasar bisnis layanan jasa ini. Lakukan riset dengan membaca banyak literatur, bertanya pada teman atau konsultasi pada ahli keuangan mengenai modal awal, perencanaan biaya operasional, cara merekrut karyawan, izin membuka salon, atau pajak usaha. Bila Anda sudah yakin dan memiliki modal, maka bersiap membuka salon dan spa sesuai dengan rencana.

Boleh mengajukan hutang untuk menambah modal salon, tapi pastikan Anda mempertimbangkan modal utama lebih besar setidaknya 70 persen, ya! Plan B sangat diperlukan untuk pembayaran cicilan hutang usaha bila salon dan spa belum bisa beroperasi secara maksimal pada bulan pertama.

2.     Membuat perencanaan yang matang

Perencanaan keuangan sangat penting guna mendukung bisnis salon dan spa bisa berjalan sesuai keinginan. Catatlah besaran pengeluaran salon setiap bulan mulai anggaran operasional tempat usaha, gaji karyawan, pembelian produk kecantikan, dan kebutuhan lain.

Pastikan Anda memakai massage spa software yang mendukung pembukuan salon dan spa lebih optimal. Tinggal klik lewat perangkat elektronik, Anda bisa langsung melihat data penjualan dan pengeluaran bulanan lebih rinci.

3.     Memahami arus kas dengan baik

Kunci bisnis salon dan spa bisa berjalan optimal dengan memahami arus kas setiap hari. Selalu catat setiap pemasukan dan pengeluaran secara rinci, kemudian lakukan evaluasi dengan baik. Apakah penghasilan per hari mampu menutupi pengeluaran harian salon tersebut? Nantinya laporan arus kas bulanan menjadi kunci besaran pendapatan bulanan Anda yang lebih besar atau malah merugi.

4.     Menetapkan tujuan bisnis

Tujuan bisnis bukan sekadar mendapatkan penghasilan saja, tetapi Anda harus berpikir bagaimana bisnis bisa berkembang pesat seiring waktu. Pastikan Anda memiliki tujuan bisnis yang jelas dengan menciptakan inovasi, strategi pemasaran dan pelayanan yang memuaskan pelanggan.

Memiliki software yang mendukung kegiatan bisnis mulai booking online, manajemen karyawan, pengecekan inventory bahan atau produk kecantikan, manajemen finansial, dan lain-lain, kenapa tidak? Anda punya potensi meningkatkan bisnis berkembang pesat dengan membuka cabang seiring angka kepuasan pelanggan yang semakin merangkak naik.

Untuk mendukung bisnis salon dan spa Anda, tidak ada salahnya bergabung dengan Zenwel. Sebagai aplikasi kasir nomor satu di Indonesia, Zenwel memiliki software yang bisa mendukung manajemen bisnis bagi pemula. Tinggal klik dari perangkat saja, Anda bisa mengecek laporan keuangan salon dan spa dari mana saja. Bisa akses selama 24 jam penuh, kenapa tidak? Daftar sekarang untuk mendapatkan aplikasi menguntungkan yang membuat bisnis salon dan spa Anda mendukung gaya hidup kekinian.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.