5 Menu MPASI 6 bulan yang Perlu Anda Ketahui

Perlu anda ketahui bahwa Bayi yang berusia enam bulan dianggap sudah bisa mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI). Hal ini disebabkan oleh karena beberapa refleks bayi sudah lebih terorganisir dibandingkan dengan bulan-bulan awal kelahirannya.

Sehingga memberikan Menu MPASI 6 bulan pada bayi sangat direkomendasikan untuk tumbuh kembang bayi. Berikut ini adalah beberapa Resep Menu MPASI 6 bulan yang perlu anda ketahui, antara lain yakni :

Apa Saja Resep Menu MPASI 6 bulan ?

 

1. Apple stew dengan cinnamon

Salah satu MPASI enam bulan pertama yang perlu anda ketahui yakni Apple stew dengan cinnamon. Buah apel dengan tambahan cinnamon ini tentu saja akan menghasilkan MPASI dengan aroma yang menggugah selera.

Sementara untuk pembuatannya dapat dilakukan dengan cara mengukus irisan apel yang telah dikupas dan dipotong-potong. Lalu haluskan apel yang telah dikukus dengan blender atau food processor. Dan apabila sudah halus, saringlah apel dengan alat penyaring berlubang kecil. Lalu jangan lupa tambahkan sejumput bubuk kayu manis. Kemudian aduk rata dan sajikan.

2. Puree jagung manis dan bayam

Menu MPASI 6 bulan selanjutnya yang bisa anda berikan pada bayi berusia 6 bulan adalah Puree jagung manis dan bayam. Menu ini adalah perpaduan dari jagung dan bayam yang merupakan kombinasi yang ideal.

Dan untuk pembuatannya dapat dilakukan dengan cara cuci jagung manis dan bayam terlebih dahulu. Setelah itu, rebus jagus manis sampai empuk dan mengeluarkan aroma, kemudian serut. Setelah itu, masukan bayam ke dalam air yang mendidih, dan masak dengan api kecil dalam waktu kurang lebih 10 menit. Kemudian campur bayam dengan jagung, dan masukan 5 sdm air matang. Lalu blender sampai halus. Jangan lupa saring sampai tidak ada serat-serat kasar yang tersisa.

3. Puree salmon dan oat

Puree salmon dan oat adalah menu MPASI enam bulan selanjutnya yang bisa anda berikan pada si kecil. Yang mana salmon itu sendiri merupakan ikan yang kaya akan omega 3. Sementara oat memiliki kandungan serat dan vitamin yang baik untuk kesehatan bayi. Anda bisa membuatnya dengan cara melumuri ikan salmon dengan air jeruk nipis dalam waktu kurang 10 menit.

Lalu kukus salmon yang telah dilumuri dengan air jeruk nipis bersama dengan bawang putih geprek dan seledri dalam waktu 30 menit. Setelah itu, campurkan salmon dan oat dalam satu wadah. Kemudian blender salmon dan oat hingga lunak, lalu saring.

4. Puree pisang dan alpukat

Puree pisang dan alpukat adalah jenis buah-buahan yang sangat populer dikalangan masyarakat. Sebab, selain memiliki rasa yang enak dan nikmat, buah ini juga mudah ditemukan. Bahkan kedua jenis buah ini bisa dijadikan menu makanan untuk si kecil yang beranjak usia 6 bulan.

Sementara untuk membuatnya, anda perlu mengupas pisang dan alpukat terlebih dahulu. Kemudian keruk pada bagian dalam buah alpukat, dan pastikan bahwa yang diambil hanya daging buahnya saja. Setelah itu, blender masing-masing buah lalu aduk hingga tercampur rata.

5. Banana rise raisin

Untuk MPASI 6 bulan yang terakhir yakni Banana rise raisin. Menu MPASI ini bisa anda buat dengan cara kupas dan potong pisang terlebih dahulu. Lalu siapkan blender untuk menghaluskan pisang bersama seluruh bahan lainnya. Kemudian saring makanan yang telah dihaluskan tadi. Setelah itu tambahkan ASI secukupnya dengan tujuan agar tekstur pada MPASI tidak terlalu kental.

Leave a Reply

Your email address will not be published.