5 Penyebab Tangan Kesemutan Waspadalah

Tanpa disadari mungkin Anda sering mengalami tangan kesemutan. Penggunaan gadget berlebih bisa jadi salah satu pemicu nya Entah karena posisi kerja tangan yang terlalu lama dapat tekanan pada sarafnya. Umumnya, gejala ini ringan dan akan berangsur membaik. Tidak diperlukan tindakan apapun dari dokter untuk mengatasi hal ini.

Mengapa Tangan Sering Kesemutan?

Namun, Anda harus mewaspadai kenapa tangan sering kesemutan. Terutama jika gejalanya terlalu lama dan menetap. Jika ini terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka gejala akan memicu sensasi kebas, tertusuk, hingga mati rasa. Terdapat berapa penyebab tangan kesemutan,, yaitu:

Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Penyakit ini disebut juga sindrom terowongan karpal yang merupakan kerusakan saraf yang diakibatkan oleh tekanan dan iritasi yang terjadi pada saraf. Pressure ini terjadi pada pergelangan tangan.

Gejala yang sering timbul adalah tangan kesemutan, pergelangan tangan sakit, kemudian melemah hingga suatu saat Anda tidak kuat menggenggam. Penyakit ini sering diidap oleh mereka yang menggunakan tangan untuk melakukan pekerjaan yang sama dalam waktu lama.

Rheumatoid arthritis

Penyakit ini kadang memperlihatkan gejala seperti CTS, termasuk kesemutan pada tangan dan pergelangan tangan. Sensasi kesemutan ini semakin intens pada malam hari. Gejala lainnya adalah sendi tangan dan jari-jari terasa hangat, bengkak dan kaku.

Diabetes

Diabetes juga dapat menyebabkan tangan yang kesemutan. Pasalnya gula darah yang tinggi dapat menjadi penyebab kerusakan saraf dan pembuluh darah kecil. Bagian inilah yang berfungsi menyalurkan nutrisi pada saraf.

Kerusakan Saraf

Gejala kesemutan juga dapat disebabkan oleh kerusakan saraf atau yang disebut neuropati perifer. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari autoimun, cedera yang terjadi pada saraf, infeksi saraf hingga efek samping obat-obatan yang dikonsumsi setiap hari.

Kekurangan Vitamin Tertentu

Kekurangan vitamin B dan E dapat menyebabkan kesemutan pada tangan dan kaki. Pasalnya keduanya dibutuhkan untuk menunjang kesehatan dan fungsi saraf. Oleh karenanya, jika tubuh Anda terkena gangguan tersebut, bisa jadi karena kekurangan kedua jenis vitamin tersebut.

Dengan ulasan di atas, sudah terjawab bukan mengapa  tangan sering kesemutan. Jangan abaikan tanda-tanda yang diberikan oleh tubuh. Jika gejala berlanjut hubungi dokter untuk penanganan selanjutnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.