6 Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Sebagai Obat Rematik

Khasiat daun sirih banyak sekali dipakai untuk dijadikan sebagai obat herbal. Tanaman sirih itu sendiri banyak tumbuh di Negara Indonesia. Daun yang satu ini mempunyai berbagai macam manfaat. Kandungan yang terdapat di daun tersebut antara lain yaitu iodin, protein, vitamin A, sodium, vitamin B2, vitamin B1, flavonoid, saponin, fenol, tanin, asam nikotin serta minyak atsiri.

Terdapat dua jenis daun sirih yang umum dijumpai yaitu daun sirih merah dan juga daun sirih hijau. Masing-masing jenis daun sirih tersebut sama-sama mempunyai berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

Apa Saja Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan?

Mencegah Terjadinya Plak Gigi

Kandungan minyak atsiri yang terdapat di dalam daun sirih ini mampu untuk mencegah bertumbuhnya bakteri yang menyebabkan plak gigi. Kandungan tersebut juga ditemukan pada jenis daun sirih merah, sehingga ketika Anda mengonsumsi daun tersebut, maka Anda akan terhindar dari resiko pembentukan plak yang terjadi di dalam mulut Anda.

Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas adalah salah satu penyebab penyakit yang berbahaya karena bisa merusak sel-sel tubuh Anda. Beberapa kandungan yang terdapat dalam daun sirih seperti contohnya tanin, flavonoid, polifenol serta alkaloid sangatlah baik dalam menangkal radikal bebas karena memiliki sifat antioksidan. Dengan begitu penyakit seperti contohnya kanker, jantung maupun alzheimer nantinya bisa dicegah.

Membantu Menyembuhkan

Daun sirih mempunyai kandungan yaitu saponin yang memiliki sifat antiseptik. Senyawa tersebut nantinya berperan sangat penting di dalam penyembuhan luka. Selain memiliki kandungan saponin, sirih juga mempunyai kandungan tanin yang berguna dalam pembentukan kolagen sehingga dengan begitu luka pun bisa cepat sembuh dan tertutup.

Mencegah Infeksi Bakteri

Khasiat lain yang dimiliki daun sirih yaitu mencegah terjadinya infeksi karena bakteri. Kandungan fenol dan juga flavonoid di dalam daun sirih merah nyatanya bisa mencegah terjadinya resiko bahkan daun ini juga mampu dalam menghambat pertumbuhan bakteri staphylococcus.

Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Daun sirih mempunyai kandungan berupa antioksidan yang alami dan sangat berperan sebagai anti bakteri. Tidak hanya itu saja, kandungan berupa minyak atsiri yang terdapat pada daun sirih tersebut diketahui sangat baik untuk kesehatan mulut. Sifat antibakteri yang terdapat pada sirih membuatnya mampu dalam menghambat perkembangan dan pertumbuhan bakteri dan mengurangi produksi asam.

Daun herbal tersebut juga sangat dipercaya dan diyakini dapat meredakan berbagai macam gangguan kesehatan pada mulut, seperti radang tenggorokan karena mempunyai kandungan berupa vitamin C, vitamin B serta alkaloid yang berperan untuk anti radang.

Sebagai Obat Rematik

Khasiat yang terakhir dari daun sirih yaitu bisa dijadikan sebagai obat rematik. Rematik merupakan salah satu penyakit yang menyerang bagian sendi dan seringkali dirasakan oleh banyak orang, khususnya mereka yang sudah lanjut usia. Termasuk dalam jenis penyakit autoimun.

Mereka yang mengidap penyakit rematik biasanya akan kecanduan untuk mengonsumsi obat kimia dalam meredakan nyeri yang diderita. Konsumsi obat kimia secara rutin dan terus-menerus pastinya akan kurang baik dan hal itu hanya akan menyebabkan gangguan kesehatan di masa yang akan datang.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai apa saja manfaat daun sirih untuk kesehatan. Sebenarnya masih banyak manfaat daun sirih yang lain yang belum disebutkan di atas. Daun ini memang memiliki kandungan yang begitu kaya karena itulah membuat daun tersebut mampu untuk mengatasi berbagai macam masalah penyakit.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.