6 Komponen Rem Truk beserta Fungsinya

Sebagai salah satu bagian keselamatan kendaraan, seluruh komponen rem truk sepatutnya berada dalam kondisi prima dan layak pakai. Sebab hanya dengan begitulah keselamatan pengemudi truk beserta angkutannya dapat terjamin sampai di tujuan. Untuk Anda yang baru belum lama mengajukan cicilan mobil Mitsubishi Canter memang tidak perlu khawatir karena kondisi rem truk pasti masih baik selama perawatannya diperhatikan.

Meskipun begitu, tidak ada salahnya jika Anda tetap mempelajari komponen rem pada truk sehingga bisa membantu Anda mengantisipasi masalah yang muncul di masa depan.

  1. Kompresor

Kompresor adalah komponen rem truk yang berfungsi meningkatkan tekanan angin pada sistem rem full air brake. Dengan memanfaatkan mesin truk sebagai tenaga, komponen satu ini bekerja dengan cara memberikan tekanan udara dari luar agar bisa masuk ke bagian penyimpanan yang bernama air tank.

Kompresor rem truk dilengkapi dengan pressure regulator yang akan menghentikan kompresi udara ketika tekanan maksimal sudah berhasil dicapai. Adapun batas maksimal tekanan ini berada di angka 840 KPa. Daya tekan kompresor tentu dapat memengaruhi kemampuan rem truk saat dikendarai.

  1. Air Tank

Air tank atau tangki udara merupakan bagian komponen rem yang menghimpun udara dari kompresor. Selain menyimpan pasokan udara, bagian satu ini juga akan menyalurkan udara tersebut ke beragam sistem truk, seperti horn, pengereman, serta komponen lainnya. Komponen ini dilengkapi dengan air dryer yang berfungsi sebagai penyaring elemen air dalam udara.

  1. Brake Chamber

Pada truk dengan sistem rem tromol, brake chamber adalah satu komponen yang mengonversi tenaga angin menjadi sebuah gerakan mekanis. Rangkaian komponen ini diisi oleh pegas diafragma, slack adjuster, dan membran. Mengingat fungsinya yang cukup vital, kondisi atau kelayakan brake chamber akan berpengaruh terhadap daya pengereman truk.

  1. Brake Valve

Brake valve atau katup rem merupakan komponen rem truk yang berfungsi sebagai pembuka maupun penutup aliran udara yang berasal dari air tank menuju brake chamber. Katup rem truk yang ideal tentunya dapat tertutup rapat agar komposisi udara yang dibutuhkan tidak kurang atau berlebih.

  1. Brake Lining

Selain brake chamber, brake lining atau kampas rem juga merupakan bagian komponen rem truk dengan sistem rem tromol. Anda mungkin tidak lagi asing dengan komponen yang satu ini. Sebab, kampas rem juga ada di kendaraan roda dua dan roda empat. Soal fungsi, brake chamber bertugas untuk memperhalus sistem pengereman truk.

  1. Air Hose

Air hose atau selang udara merupakan komponen rem truk yang terakhir. Bagian ini berfungsi untuk mengalirkan udara yang memiliki tekanan. Selang udara pada rem truk umumnya menggunakan bahan berupa karet sintetis serta logam yang memiliki ketahanan terhadap tekanan tinggi.

Itulah informasi mengenai komponen rem truk yang perlu Anda ketahui. Yuk, selalu cek kondisi komponen tersebut serta bagian-bagian penting lainnya agar performa truk selalu terjaga untuk keselamatan berkendara!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.