Ini Manfaat Aplikasi Umkm untuk Bisnis

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) adalah usaha produktif milik perorangan atau badan usaha yang memenuhi kriteria usaha mikro. Aplikasi UMKM dibutuhkan untuk mengelola usaha, berkaitan dengan keuangan dan operasional perusahaan. Aplikasi tersebut sangat penting untuk mengembangkan usaha.

Beberapa aplikasi kegiatan usaha akan mempermudah mulai dari proses produksi, inventarisasi perusahaan, pemasaran, penjualan, keuangan, dan penghitungan keuntungan.

Aplikasi  UMKM yang Penting untuk Bisnis

Aplikasi Desain Produk

Aplikasi desain produk sangat diperlukan, karena harus memiliki konten produk, kartu nama, dan logo.  Canva termasuk aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat desain gratis maupun berbayar.

Aplikasi Penghitungan Pajak

Aplikasi penghitungan pajak sangat membantu UMKM untuk menyelesaikan kewajiban pajak dalam usahanya yang sedang berjalan.

Aplikasi Kasir

Aplikasi Kasir adalah aplikasi yang sangat penting bagi UMKM dalam mengembangkan usahanya. Aplikasi UMKM ini membantu proses transaksi, pembayaran, inventarisasi stok produk, penyimpanan, dan data pelanggan. 

Aplikasi Manajemen Keuangan

Aplikasi manajemen keuangan diperlukan untuk mengelola dan memantau aktivitas keuangan perusahaan. Aplikasi ini memberi informasi keuangan, penjualan, pembayaran, keuntungan, dan pembayaran gaji karyawan. 

Aplikasi Pengelola Customer

Aplikasi ini membantu UMKM untuk mengelola customer atau pelanggan produk kita. Pelanggan dapat menyampaikan keluhan, kebutuhan produk, pemesanan, dan pelayanan cepat.

Pengelola Media Sosial

Pengelola media sosial diperlukan oleh pelaku UMKM membuat pasar secara online, promosi konsisten, dan terjadwal memakai beberapa media sosial. Data dari media sosial menjadi bahan pertimbangan dalam pengembangan bisnis.

Aplikasi Pencatat

Aplikasi ini sangat diperlukan oleh para pelaku UMKM. Data penting dan ide-ide yang bermunculan bisa langsung dicatat di aplikasi UMKM ini. Data disimpan dalam cloud storage dan bisa digunakan sewaktu-waktu diperlukan. Salah satu aplikasi yang dapat dipakai adalah Evernote

Marketplace

Marketplace menjadi salah satu media UMKM untuk berjualan produknya. Gunakan fitur yang tersedia untuk mempromosikan produk. Marketplace yang tersedia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli dapat digunakan sesuai jenis produknya.

Media Sosial

Media sosial menjadi ajang pemasaran yang sangat efektif bagi pelaku UMKM. Media sosial mulai dari Facebook, Instagram, Whatsapp, Telegram, Twitter, You Tube, dan Tik Tok. Pilihlah media sosial yang efektif sesuai produk yang dijual, lakukan riset terlebih dahulu. 

QRIS

Saat ini konsumen sudah dimudahkan pembayaran dengan menggunakan aplikasi QRIS. Aplikasi ini membantu pembayaran transaksi QR Code terjaga keamanannya dan lebih cepat prosesnya. 

Berbagai macam aplikasi yang digunakan untuk pengembangan usaha UMKM ini semakin berkembang pesat. Di era digitalisasi ini pelaku UMKM wajib menggunakan aplikasi digital agar bermanfaat bagi bisnisnya.

 

Manfaat Aplikasi UMKM untuk Bisnis 

Jangkauan Lebih Luas

Saat ini tren belanja online sudah menjadi gaya hidup, sehingga jangkauan pemasaran UMKM juga semakin luas. Aplikasi digital sangat membantu UMKM untuk mengembangkan usahanya semakin besar.

Meningkatkan Pendapatan

Dengan semakin luasnya jangkauan pemasaran, maka penghasilan yang didapat juga semakin besar. Ditambah penggunaan media sosial yang memperluas jangkauan pemasaran.

Efisiensi Waktu 

Penggunaan aplikasi UMKM memudahkan dan mempercepat proses transaksi, pembayaran, dan penghitungan lainnya secara tepat dan aman.

Mengendalikan Kas 

Penggunaan aplikasi memudahkan dalam pencatatan, pemantauan, pengecekan, penghitungan kas keuangan. Hasil penghitungan lengkap dan dapat menghindari kesalahan yang mungkin terjadi.

Memudahkan Analisis Bisnis

Aplikasi yang digunakan UMKM memudahkan pengontrolan dan melakukan analisa bisnis. Tampilan data akurat, mulai dari stok produk, pemasukan, pengeluaran, dan keuntungan, yang dapat langsung diketahui. 

Lebih Dipercaya Customer

Adanya aplikasi yang digunakan UMKM menjadikan usaha lebih dipercaya dan dikelola secara modern. UMKM bisa melayani lebih cepat dan mengikuti perkembangan teknologi digital. 

Ternyata banyak manfaat dan aplikasi yang tersedia bagi pelaku UMKM. Penggunaan aplikasi UMKM mutlak diperlukan, yang akan menjadi gerbang kesuksesan dalam usahanya di era digitalisasi ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *