Memahami Menstruasi Awal yang Terjadi Pada Remaja Putri

Siklus menstruasi merupakan hal alami yang terjadi pada perempuan sejak mereka memasuki masa remaja. Awal menstruasi pada remaja putri berbeda tergantung dengan perkembangan fisik dan psikologis masing-masing. Bisa jadi anak usia 9 tahun sudah mengalami haid setelah payudara tumbuh, sedangkan anak perempuan lain mengalami masa haid pertama pada usia yang lebih besar. Menstruasi adalah siklus alami yang terjadi pada mayoritas perempuan, kecuali ada kelainan yang membuat siklus menstruasi terganggu.

Penyebab Menstruasi Tidak Normal yang Harus Anda Ketahui

Sejak mengalami masa menstruasi pertama, remaja putri mulai merasakan empat fase pada siklus rutin setiap bulan ini. Fase menstruasi yang berlangsung 4-6 hari, fase folikuler, fase ovulasi, dan fase luteal menjadi bagian dari kehidupan perempuan sejak ia mendapatkan menstruasi pertama. Tentu remaja perempuan bisa mengalami gejala pramenstruasi yang bisa berupa sakit kepala, mood tidak stabil, perut terasa kembung, nyeri, dan lain-lain. Pada kasus perempuan yang alami nyeri parah, maka ia harus mengkonsumsi obat pereda nyeri.

Supaya Anda benar-benar memahami menstruasi adalah siklus rutin yang berjalan normal, maka pastikan Anda menerapkan pola hidup sehat. Belum tentu Anda hamil karena terlambat mendapatkan menstruasi bulanan, lho! Berikut rangkuman mengenai beberapa penyebab menstruasi tidak lancar yaitu :

1. Penggunaan alat kontrasepsi tertentu

Amda bisa mengalami masalah menstruasi yang tidak lancar karena penggunaan alat kontrasepsi tertentu, misalnya pemasangan IUD pada rahim atau suntik KB. Biasanya suntik KB yang berjalan satu atau tiga bulan sekali bisa membuat perempuan alami gangguan menstruasi yaitu jadwal menstruasi yang tidak lancar.

2. Konsumsi obat-obatan tertentu

Mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu seperti pil KB atau obat antidepresan bisa membuat Anda mengalami masalah gangguan menstruasi. Konsultasikan dengan dokter bila Anda mengalami masalah serius ini, ya!

3. Aktivitas olahraga yang berat

Anda yang suka melakukan aktivitas olahraga yang berat dan menguras fisik bisa membuat tubuh mengalami gangguan menstruasi. Pada kasus atlet wanita yang melakoni latihan dan pertandingan olahraga berat pada usia muda, mereka bisa terkena amenore  primer. Ada baiknya Anda melakukan olahraga dalam batas wajar guna menghindari gangguan kesehatan, misalnya alami penurunan berat badan drastis.

4. Menderita penyakit

Penyakit kronis termasuk juga salah satunya pemicu haid tidak teratur yang sebaiknya dicurigai. Penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit celiac dapat mempengaruhi siklus menstruasi Anda. Ini bisa muncul karena ada peralihan gula darah terkait dengan perubahan hormonal. Walau jarang ada, diabetes yang tidak termonitor bisa mengakibatkan menstruasi Anda tidak teratur.

Disamping itu, penyakit seliaka yang memunculkan infeksi yang bisa mengakibatkan kerusakan pada usus kecil Anda. Selanjutnya keadaan ini bisa membuat badan Anda tidak bisa mempernyerap gizi penting. Ini sudah pasti bisa mengakibatkan menstruasi telat atau terlewat.

Pada beberapa kasus wanita yang menderita penyakit tertentu akan mengalami masalah menstruasi tidak lancar.

5. Kebiasaan merokok

Pemicu siklus menstruasi tidak teratur bisa juga di karenakan kebiasaan merokok. Kebiasaan merokok bisa mengakibatkan masalah pada menstruasi dan satu diantaranya ialah menstruasi telat.

Ini muncul karena beberapa zat yang berada di dalam rokok, terhitung nikotin, bisa mempengaruhi hormon estrogen dan progesteron yang berperanan dalam siklus menstruasi

6. Stress

Pemicu siklus menstruasi tidak teratur selanjutnya ialah stres. Saat stres, produksi hormon gonadotropin dan performa hipotalamus, yakni sisi otak yang bertanggungjawab atur siklus menstruasi, akan terganggu.

Anda sering memiliki pekerjaan menumpuk, dilanda masalah berat atau beban pikiran yang mengganggu akan memicu stress berkepanjangan. Stress yang tidak bisa dikelola dengan baik akan menyebabkan gangguan menstruasi sehingga Anda tidak mengalami haid dalam waktu lama, atau mengalami masa haid yang memiliki durasi terlalu panjang.

Bila masa menstruasi terganggu karena stres, Anda bisa menanganinya dengan coba tehnik rileksasi, lakukan suatu hal yang disukai, atau dengarkan musik.

7.  Gangguan pada organ reproduksi

Gangguan organ reproduksi atau masalah penyakit pada rahim bisa menyebabkan Anda alami masalah menstruasi, misalnya Anda memiliki penyakit miom, kanker dan lain-lain. Periksakan diri ke dokter bila Anda tidak mengalami haid dalam waktu lama guna mengetahui faktor penyebab yang tepat.

Dari beberapa penyebab gangguan menstruasi pada remaja atau perempuan dewasa di atas, pastikan Anda melakukan gaya hidup sehat. Konsultasi dengan dokter dalam memilih alat kontrasepsi yang tepat juga bisa membantu Anda memiliki siklus yang normal. Menstruasi adalah bagian dari kehidupan perempuan yang sangat penting sebab ada sebagian perempuan lain yang alami kelainan. Lakukan pemeriksaan pada dokter bila Anda alami telat haid dalam waktu lama atau remaja putri alami pubertas terlambat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.