Mengenal Payment Gateway, Cara Kerja Dan Manfaatnya

Pada dasarnya, payment gateway adalah media pembayaran yang disediakan oleh suatu layanan marketplace yang mampu memberikan otorisasi pemrosesan suatu kartu kredit ataupun pembayaran langsung pada klien dalam suatu kegiatan bisnis online.

Nahpayment gateway ini adalah sebuah solusi agar proses pembayaran jadi lebih mudah dan efisien. Lalu, apa seberapa besar manfaat yang didapat dari payment gateway untuk bisnis online? Simak cara kerja, serta manfaatnya di artikel ini.

Cara Kerja Payment Gateway

Cara kerja dari payment gateway terbilang cukup vital karena menghubungkan antara penjual dan pembeli ketika melakukan transaksi. Meski begitu, langkah-langkahnya tidak terlalu rumit atau dapat disebut sederhana. Berikut cara kerjanya:

  • Pertama, pelanggan atau konsumen akan melakukan transaksi di website atau toko online Anda, mereka akan memilih produk dan menentukan cara pembayaran apa yang mampu memudahkan mereka hingga melakukan proses checkout.
  • Kedua, toko online akan mengirimkan suatu data pembelian dari konsumen ke penyedia jasa payment gateway. Setelah pihak konsumen berhasil menyelesaikan pembayaran, maka proses penjualan akan dilanjutkan ke bank ataupun institusi keuangan terkait.
  • Ketiga, pihak bank akan memproses transaksi. Namun mereka juga memiliki hak untuk menolak jika ada kesalahan pembayaran atau kekeliruan data.
  • Keempat, pihak penyedia payment gateway akan mengirimkan suatu pesan kepada toko online tersebut terkait berhasil atau gagalnya suatu transaksi.
  • Kelima, pihak bank bisa menerima pembayaran hasil transaksi konsumen lalu meneruskannya ke pihak toko online.

Manfaat Payment Gateway

Payment gateway membawa dampak signifikan dalam kehidupan. Seluruh transaksi pembayaran berjalan secara efektif. Tak hanya itu, masih ada manfaat payment gateway antara lain:

1. Mempermudah Transaksi Online

Pertama, manfaat payment gateway adalah mempermudah transaksi online. Dengan adanya teknologi ini, Anda tidak perlu melakukan pembayaran secara offline melalui bank atau bertemu pihak penjual secara langsung. Karena proses transaksi telah otomatis dilakukan secara online.

2. Proses Transaksi Lebih Cepat

Dengan menerapkan payment gateway, seluruh proses transaksi akan berjalan lebih cepat karena sistem di dalamnya berjalan secara otomatis. Namun, jika tidak menerapkan sistem ini, maka transaksi pembelian tentunya akan berjalan secara manual.

Setiap konsumen harus mengirimkan uang secara transfer dan melakukan konfirmasi pembayaran. Anda sebagai pemilik toko inline pun wajib menerbitkan invoice secara manual.

Jadi, akan diperlukan banyak waktu demi menyelesaikan satu transaksi. Lantas, bagaimana jika toko online Anda sangat ramai dan memiliki banyak transaksi setiap hari? Lamanya proses transaksi ini akan membuat konsumen tidak sabar dan akan selalu menanyakan proses transaksinya.

Namun, kendala tersebut tidak akan Anda temukan pada sistem pembayaran payment gateway, sehingga Anda bisa lebih fokus dalam menyelesaikan masalah lain.

3. Opsi Pembayaran Lebih Banyak

Opsi pembayaran lebih banyak merupakan manfaat payment gateway lainnya. Karena transaksi dilakukan secara online, maka penyediaan sarana pembayaran menjadi berkembang dan beragam. Anda bisa memilih sarana transaksi sesuai dengan opsi pembayaran yang dimiliki tanpa harus membuat dari awal.

4. Transaksi yang aman

Sistem pembayaran payment gateway dapat memberikan solusi agar semua transaksi yang terjadi pada toko online anda menjadi lebih aman. Kenapa? Karena setiap perusahaan penyedia payment gateway sudah membuat suatu sistem keamanan yang sangat canggih. Sehingga mampu memeriksa seluruh transaksi secara lebih cepat dan mencegah adanya transaksi fiktif yang dapat merugikan.
Hal ini tentu berbeda dengan pembayaran manual yang mana anda harus memastikan terlebih dahulu dalam setiap transaksinya. Selain itu memerlukan banyak waktu, potensi kesalahan dan transaksi fiktif juga kapan saja bisa terjadi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.