Pentingnya Kadar Gula Darah Normal

Selama di sini kadar gula darah normal maka tubuh Anda dapat dikatakan berada dalam keadaan sehat. Istilah kadar gula darah memang sudah menjelma jadi sesuatu yang begitu penting. Menjaganya agar tetap normal merupakan salah satu kunci agar Anda memiliki hidup yang lebih sehat.

Pentingnya Kadar Gula Darah Normal

Read More

Jika Anda memiliki gula darah yang terlalu tinggi atau di sini terlalu rendah maka gangguan kesehatan dipastikan nantinya akan bermunculan. Itulah mengapa menjaga kadar gula normal perlu untuk jadi perhatian untuk siapapun yang di sini ingin hidup lebih sehat.

Gula darah sebenarnya adalah representasi dari sebuah molekul gula sederhana atau glukosa yang dihasilkan dari proses pencernaan makanan. Di dalam proses pencernaan tersebut nantinya karbohidrat akan dipecah jadi glukosa dan selanjutnya akan disebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah.

Glukosa atau gula darah ini mempunyai peranan yang begitu penting untuk tubuh Anda. Setelah diproses oleh insulin nantinya gula darah pun akan mulai diubah jadi energi yang menjadi tenaga penggerak bagi sel-sel yang terdapat di dalam tubuh. Maka dari itulah tubuh tentu akan terasa lemas jika kadar gula darah di sini terlalu rendah.

Kadar gula darah seseorang akan dikatakan terlalu tinggi jika di sini melebihi angka 200 mg/dL atau akan terlalu rendah jika di bawah angka 70 mg/dL. Di dalam istilah medis sendiri gula darah tinggi umum dikenal dengan nama hiperglikemia. Sedangkan kondisi gula darah rendah dikenal dengan nama hipoglikemia.

Sekalipun gangguan kesehatan ini lebih sering dikaitkan dengan hiperglikemia namun hipoglikemia juga sama berbahaya. Gula darah rendah dapat memberikan efek negatif untuk tubuh Anda.

Gejala gula darah yang rendah contohnya saja seperti tubuh yang terasa lemas, banyak mengeluarkan keringat, kulit yang tampak lebih pucat, gelisah, kelelahan serta sulit melakukan konsentrasi dan lain-lain.

Ketika kadar gula darah tinggi nafsu makan umumnya akan cenderung meningkat. Selain itu masih terdapat efek lain yang turut dirasakan. Efek tersebut seperti tubuh yang terasa lelah, seringkali membuang air kecil, haus, gelisah, penglihatan yang makin buram sering mengalami infeksi gigi bahkan hingga kulit yang jadi kering.

Mereka yang mempunyai gula darah cukup tinggi cenderung mengalami penurunan pada berat badan. Tinggi atau rendahnya kadar gula di dalam darah akan bisa terjadi pada siapa saja selama tidak berlanjut dan tidak terjadi dalam jangka waktu yang lama.

Resiko untuk mengalami permasalahan yang jauh lebih serius bisa saja dihindari. Maka dari itulah penting untuk memahami tanda gula darah tinggi atau rendah dan selalu cek gula darah serta jaga agar tetap normal.

Mereka yang mempunyai berat badan berlebih biasanya cenderung beresiko mengalami gula darah yang tinggi. Maka dari itulah penting bagi Anda untuk selalu menjaga berat badan supaya tetap ideal.

Menjaga berat badan bisa Anda lakukan dengan cara jaga pola makan serta aktif bergerak. Dengan demikian tidak hanya berat badan saja yang bisa terjaga melainkan tubuh jadi lebih sehat.

Ketika Anda tidur tubuh tidak sepenuhnya berhenti untuk bekerja justru sebaliknya terdapat banyak organ yang ada di dalam tubuh jadi lebih aktif untuk membersihkan diri selama Anda tertidur. Karena selama Anda tidur Anda tidak makan dan pada dasarnya tubuh juga sedang melakukan detoksifikasi.

Penting untuk Anda ingat tubuh di sini memerlukan istirahat dalam jangka waktu yang cukup. Secara umum untuk orang dewasa setidaknya akan memerlukan waktu tidur kurang lebih 6 jam sehari.

Related posts