Rambut Patah dan Rusak? Rawat Pakai Masker Alami Ini!

Sebagian wanita suka menghabiskan waktu berjam-jam di salon agar penampilan lebih menawan. Salah satu bagian penting yang perlu dirawat dengan baik adalah rambut. Proses meluruskan rambut dengan bantuan bahan kimia bisa mewujudkan impian wanita yang ingin punya rambut lebih lurus dan halus dalam waktu cepat. Namun, Anda harus paham dampak buruk dari smoothing yang bisa merusak rambut bila dilakukan secara berkala. Pastikan Anda tahu cara mengatasi rambut patah akibat smoothing tersebut, ya!

Mengembalikan Kilau Rambut dengan Masker Alami

Selain memastikan Anda pilih pakai produk sampo dan kondisioner yang mengandung vitamin untuk kembalikan kilau rambut, sebaiknya Anda rajin memotong ujung rambut dan hindari mencuci rambut dengan air hangat. Anda juga bisa memakai masker dengan beberapa bahan alami yang ada di sekitar yaitu :

1. Pisang

Merupakan bahan alami yang mengandung silika yang bisa berubah menjadi silikon untuk membuat rambut lebih tebal dan kuat. Regenerasi rambut baru bisa lebih cepat sehingga Anda bisa memotong bagian ujung rambut yang rusak akibat proses pelurusan rambut. Nantinya rambut Anda yang baru akan tampak lebih sehat dan berkilau. Anda bisa melumatkan buah pisang yang dicampur dengan bahan madu atau susu untuk hasil masker lebih optimal.

2. Madu

Madu merupakan creambath alami yang bisa menjadi solusi mengatasi rambut rusak parah akibat smoothing. Proses pelurusan rambut yang bisa bertahan beberapa bulan bisa saja menjadi rusak, kering dan mengembang karena salah perawatan harian. Dengan rajin mengaplikasikan masker madu dicampur minyak kelapa, maka Anda bisa mendapatkan rambut yang kembali lembab dan folikel rambut lebih kuat.

3. Yoghurt

Mengaplikasikan masker rambut dari bahan yoghurt bisa merawat rambut yang rusak akibat pemakaian bahan kimia yang keras dalam proses smoothing. Anda bisa mencampurkan yoghurt dengan minyak kelapa yang bekerja efektif mengembalikan kelembaban alami rambut yang rusak.

4. Lidah buaya

Siapa yang tidak kenal dengan manfaat lidah buaya yang acap digunakan dalam perawatan rambut dan kulit. Sampo yang mengandung lidah buaya bisa menjadi pilihan perawatan rambut kembali sehat, berkilau dan lebih subur. Hal serupa berlaku untuk proses creambath alami memakai gel lidah buaya yang dicampur dengan kayu manis dan lakukan masker rutin 1-2 kali seminggu, ya!

5. Santan

Santan kelapa juga efektif menjadi masker yang bisa mengatasi rambut patah atau rusak akibat smoothing. Tinggal campurkan santan dengan tambahan bahan lain seperti madu, alpukat, dan lemon. Selain bisa membantu mengembalikan rambut sehat, tapi kandungan berbagai campuran bahan bisa mengatasi kulit kepala yang berketombe dan infeksi sakit kepala.

Pastikan Anda keramas sampai bersih untuk memastikan kulit kepala sehat dan tidak mengeluarkan minyak berlebih. Pasalnya, masker yang mengandung campuran minyak sudah bisa mengatasi rambut berminyak akibat salah perawatan selama menjalani proses smoothing.

Perawatan rambut setelah proses smoothing menjadi hal penting guna menjaga rambut Anda tetap sehat. Cara mengatasi rambut patah akibat smoothing harus Anda lakukan secara rutin sesuai dengan tingkat kerusakan rambut masing-masing. Seminggu sekali mengaplikasikan masker sangat baik untuk menjaga kelembaban rambut, tapi rambut yang sudah terlanjur patah dan rusak total perlu pemakaian masker alami 2-3 kali seminggu.

Jangan lupa memakai produk khusus treatment rambut rusak akibat smoothing, termasuk serum rambut yang bisa mengembalikan kelembaban alami. Nutrisi serum rambut yang berkualitas bisa mencegah kerontokan rambut Anda lebih parah sebab smoothing dengan bahan kimia dan alat styling panas bisa merusak lapisan folikel atau akar rambut. Yuk, jaga kesehatan dan kelembaban alami rambut Anda dengan perawatan di rumah saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published.